Jakarta, 4 April 2012 – Citilink, Unit Usaha Strategis (SBU) dari PT. Garuda Indonesia, Tbk, untuk jasa penerbangan berbiaya murah (LCC), mengumumkan bahwa Citilink meraih Indonesia Service to Care Award, kategori Airlines. Awarding night dilakukan pada Selasa, 3 April 2012 yang lalu di Four Seasons Hotel. Dengan ini Citilink menambah daftar penghargaan yang didapatkan dalam beberapa bulan terakhir.
Citilink meraih penghargaan Maskapai Berbiaya Rendah Terunggul 2011/2012 pada 11 November 2011 di dalam Indonesia Travel and Tourism Award (ITTA), sebuah penghargaan yang berbasis pada survey public secara online serta penghargaan Kampanye Pemasaran Terbaik di The Budgies and Travel Awards 2012. Sedangkan penghargaan Indonesia Service to Care Award didapatkan berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Markplus di bulan Februari 2012 di Jabodetabek.
Untuk penghargaan Indonesia Service to Care Award, pengukurannya berdasarkan 6 (enam) aspek “CARE” yaitu:
- Credibility : Jaminan akan kualitas pelayanan yang terpercaya
- Dependability : Memberikan pelayanan berbasis “solusi” dan “caregiver”
- Courtesy : Pelayanan yang hangat dan tulus kepada pelanggan
- Comfortability : Jaminan kualitas pelayanan yang nyaman untuk pelanggan dan yang mendampingi
- Connectivity : Membangun hubungan yang lebih personal dan lebih mengenali kebutuhan pelanggan
- Caring : Selalu siap sedia membantu dan melayani pelanggan
Riset “Service-to-Care 2012” ini dilakukan terhadap enam industri yaitu rumah sakit, dealer mobil, maskapai penerbangan, pembiayaan kredit motor dan mobil, serta asuransi jiwa. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah wawancara langsung terhadap konsumen dengan poin indeks kepuasan pelanggan yaitu proses pemesanan, pembayaran, check-in, pelayanan selama penerbangan, penanganan keluhan pelanggan dan pusat layanan konsumen. MarkPlus melakukan riset terhadap 10 perusahaan penerbangan.
Menurut Con Korfiatis, VP Citilink Indonesia, “Ini merupakan sebuah tantangan kedepan untuk Citilik agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi di semua aspek setiap saat. Kami sangat bangga menerima penghargaan ini melalui persaingan yang ketat”. Salah satu strategi untuk melanjutkan pelayanan yang terbaik bagi konsumen adalah dengan mendatangkan pesawat baru A320 ke armada Citilink di tahun 2012, diikuti dengan penambahan rute penerbangan dan frekuensi. Terlebih lagi Citilink memulai berbagai macam aktifitas pendukung dengan tujuan mendekatkan diri kepada pelanggan seperti marketing channel, advertising, brand activation, digital marketing dengan menggunakan social media dan juga public relations.
Tentang Garuda Indonesia
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (IDX: GIAA), yang dikenal dengan Garuda Indonesia, adalah maskapai nasional Indonesia. Berkantor pusat di Soekarno-Hatta International Airport. Sebagian besar saham dari Garuda Indonesia masih dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, dan sebagian dimiliki oleh publik. Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan “full service” dengan “4-star Skytrax” dan “IOSA certified”, melayani 32 kota tujuan domestik dan 17 kota di luar Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi www.garuda-indonesia.com.
Tentang Citilink
Citilink adalah Unit Usaha Strategis (SBU) dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., untuk menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah. Berbasis di Jakarta dan Surabaya, Citilink melayani 8 rute harian dari Jakarta dan Surabaya ke Batam, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Medan dan Ujung Pandang. Untuk informasi lebih lanjut tentang Citilink dapat mengunjungi: www.citilink.co.id, Laman Penggemar Citilink di Facebook dan di Twitter (@citilink).
Leave a Reply