Perusahaan memproyeksikan peningkatan 400% dalam penjualan smartphone, pertumbuhan 300% dari pasar AS
9 Agustus, 2011, Shenzhen, Cina – ZTE Corporation (“ZTE”) (H share stock code: 0763.HK /A share stock code: 000063.SZ), perusahaan publik global penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menjual 60 juta produk terminal, diantaranya 35 juta ponsel pada semester pertama tahun 2011. Ini merupakan suatu peningkatan sekitar 30 persen dari tahun ke tahun atas penjualan ponsel dan menyebabkan perusahaan mengalami peningkatan 400 persen dalam penjualan smartphone dan 300 persen pertumbuhan pasar AS.
Berpayung pada strategi terminal pintar inovatif yang diumumkan pada awal tahun 2011, penjualan terminal smart ZTE mencapai lima juta unit pada semester pertama tahun 2011, sebuah peningkatan sebesar 400% dari tahun ke tahun. Pada tahun 2011, Blade ZTE juga menjadi salah satu smartphone terlaris di dunia. Melalui kemitraan dengan sekitar 80 operator global, ZTE Blade sekarang tersedia di hampir 50 negara dan wilayah, termasuk Indonesia. Penjualan harian smartphone Blade di Cina adalah yang tertinggi untuk kelas smartphone Android, dengan rata-rata 16.000 unit per hari. ZTE telah menjual 2,5 juta handset Blade secara global dan berharap dapat mencapai angka lima juta di tahun ini. Perusahaan juga mentargetkan penjualan 12 juta terminal smart pada semester kedua tahun ini. Sebagai hasil dari strategi ini, ZTE telah bertumbuh dalam pangsa pasar di empat pasar strategis utama, yaitu: Cina, Amerika Utara, Eropa dan Amerika Latin.
Di Cina, bisnis ponsel ZTE tumbuh lebih dari 20%. Hal ini dapat dikarenakan atas kemitraan ZTE dengan tiga operator terkemuka di Cina untuk menciptakan smartphone Android khusus sesuai kebutuhan tiap operator. Lebih lanjut lagi, sebagai hasil dari kemitraan dengan para operator terkemuka di Amerika Serikat, penjualan ponsel ZTE di AS meningkat 300 persen pada semester pertama tahun 2011.
Di Eropa, ZTE bermitra dengan lebih dari 65 operator untuk produk smartphone, dengan penjualan ponsel meningkat sebesar 30% secara regional pada periode yang bersamaan. Di Amerika Latin, pangsa ZTE untuk pasar Brasil meningkat 46% dan ZTE telah menanam invetasi pada sebuah taman industri teknologi tinggi, yang diperkirakan akan menjadi tempat penelitian telekomunikasi serta pusat produksi dan pelatihan terbesar di negara itu dan menjadi fasilitas Riset dan Pengembangan ZTE pertama di pasar Amerika Latin.
Di Indonesia, ZTE baru saja meluncurkan beberapa seri terminal smart diantaranya tiga handset berbasis Android, ZTE Freddo, ZTE Blade, dan ZTE Light Plus Tab dan satu Data Card, MF 190 dengan kampanye ZTE Androholic.
Dalam laporan hasil analisa pasar IDC yang berjudul “World Mobile Phone Tracker” pada bulan Juli 2011 menyatakan bahwa ZTE menjadi vendor ponsel terbesar kelima di dunia setelah perusahaan itu menjual unit-unit perangkatnya pada dua kuartal pertama tahun ini. ZTE memperoleh total peningkatan pangsa pasar sebesar 4,5 persen dari 3,3 persen di tahun sebelumnya dan merupakan satu-satunya perusahaan asal Cina di peringkat lima besar. Menurut laporan tersebut, ZTE dan Apple adalah dua vendor di antara lima besar yang telah mengalami kenaikan lebih dari 30 persen pertumbuhan pangsa pasar. ZTE kini telah mencapai pertumbuhan pangsa pasar diatas 30 persen dalam kurun waktu lima tahun berturut-turut.
ZTE akan terus berusaha untuk mengembangkan bisnis ponselnya. Executive Vice President ZTE He Shiyou menyatakan: “Kami sangat senang dengan keberhasilan ZTE Blade di seluruh dunia dan juga handset kami yang lain di pasar utama lainnya. Kami bertujuan untuk meluncurkan lebih dari 30 terminal smart selama sisa tahun 2011, termasuk smartphone kelas menengah hingga kelas atas seperti SKATE, Windows Phone 7 dan handset TD-LTE dengan model dual-modul dan dual-waiting.”
Tentang ZTE
ZTE adalah perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan terdepan di dunia dengan rangkaian produk yang paling luas dan komplit, mencakup seluruh sektor secara virtual dari wireline, wireless, layanan dan pasar terminal. Perusahaan ini mengantarkan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif, dibuat sesuai permintaan ke lebih dari 500 operator di lebih dari 140 negara, membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan yang berubah dari para pelanggannya sementara mencapai pertumbuhan pendapatan. Pendapatan ZTE pada tahun 2010 memimpin industri dengan kenaikan sebesar 21% hingga USD 10.609 miliar. ZTE berkomitmen untuk mengalokasikan 10% dari pendapatannya untuk penelitian dan pengembangan, dan mengambil peran terdepan dalam beragam organisasi dunia untuk mengembangkan standar telekomunikasi. Sebuah perusahaan dengan beragam inisiatif corporate social responsibility (CSR), ZTE merupakan anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya perusahaan manufaktur telekomunikasi dari China yang tercatat di bursa saham, dengan saham yang terdaftar baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk informasi lanjut, silahkan kunjungi: www.zte.com.cn.
Leave a Reply