Sebagai pemilik usaha kecil, mengembangkan kontak dan jaringan bisnis (networking) dapat menjadi salah satu faktor penentu dari keberhasilan bisnis Anda. Namun, metode networking tradisional memakan waktu dan biaya, dan karena itulah LinkedIn adalah tempat yang sempurna untuk small business. LinkedIn adalah tempat untuk mengembangkan jaringan dan brand profesional Anda, meningkatkan visibilitas secara online, berinteraksi dengan profesional lainnya yang memiliki minat serupa, dan merekrut karyawan baru dari jutaan kandidat yang ada di LinkedIn. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memanfaatkan LinkedIn untuk UKM:
1. Tingkatkan profil LinkedIn Anda
Profil Anda dapat membuka pintu bagi klien, karyawan dan mitra potensial untuk menghubungi Anda. Semakin lengkap profil Anda, semakin mudah profil Anda ditemukan oleh mesin pencarian. Pastikan bahwa Anda sudah melengkapi ringkasan profil, dan upload foto diri Anda untuk meningkatkan kredibilitas Anda. Ubah URL profil publik agar alamat URL Anda mudah diingat. Tambahkan keahlian ke profil Anda untuk menonjolkan keahlian spesifik Anda.
Kami juga menyarankan Anda untuk memposting update secara rutin agar orang tidak lupa dengan Anda dan perusahaan Anda. Hubungkan akun LinkedIn dengan akun Twitter Anda dan status update LinkedIn Anda akan diposting di LinkedIn dan Twitter secara bersamaan.
2. Buat Halaman Perusahaan
Tingkatkan visibilitas bisnis Anda dengan membuat Halaman Perusahaan. Halaman Perusahaan memberikan informasi tentang setiap perusahaan, seperti deskripsi, jumlah karyawan dan lingkup industri perusahaan Anda. Kembangkan Halaman Perusahaan dengan logo, lokasi dan feed dari blog perusahaan. Lihat berbagai fitur, seperti Targeted Updates dan Follower Insights untuk menargetkan audiens dan berinteraksi dengan pengikut Anda.
3. Kembangkan dan monitor jaringan profesional Anda
Impor daftar kontak email untuk menemukan kenalan Anda yang sudah ada di LinkedIn. LinkedIn merekomendasikan orang yang mungkin Anda kenal berdasarkan informasi profil dan kontak Anda. Telusuri rekomendasi tersebut dan kirimkan undangan untuk terhubung dengan orang yang Anda kenal. Mengirimkan undangan ke pelanggan, klien, dan vendor adalah cara yang baik untuk menjalin hubungan dengan pelanggan Anda secara online (saingan Anda belum tentu berinteraksi dengan cara yang sama).
4. Dapatkan rekomendasi
Rekomendasi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan klien baru karena fitur ini adalah bagian yang paling banyak dilihat ketika seseorang mengunjungi profil. Hal ini meningkatkan kredibilitas profesional Anda dan membuat kesan yang baik untuk orang yang membaca profil Anda. Pastikan bahwa Anda meminta rekomendasi dari pelanggan yang puas dengan produk/layanan Anda dan bersedia untuk memberikan testimonial. Pelanggan puas adalah sumber terbaik untuk pelanggan baru. Anda juga dapat menerima rekomendasi keahlian dari koneksi Anda, yang memberi Anda kredibilitas tambahan dari pihak ketiga.
5. Gunakan fitur Grup di LinkedIn untuk berinteraksi dengan koneksi Anda
Bergabung dengan Grup “usaha kecil” (small business) untuk mendapatkan tips dan jawaban dari profesional lainnya dengan minat dan industri serupa. Bergabung dengan Grup di industri Anda atau bisnis kecil lainnya juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan koneksi baru. Hubungan profesional apapun – baik lokal maupun internasional – akan bermanfaat bagi bisnis Anda. Klien potensial dapat menemukan Anda melalui Grup, dan sebagai sesama anggota grup, mereka dapat menghubungi Anda secara langsung.
6. Rekrut orang yang tepat
Gunakan Alat Pencarian LinkedIn untuk menemukan kandidat pasif, yaitu orang yang sudah memiliki pekerjaan dan tidak sedang mencari pekerjaan secara aktif. Di LinkedIn, terdapat banyak kandidat pasif yang berkualitas tinggi, dan Anda dapat merekrut kandidat tersebut untuk bekerja di perusahaan Anda. Ubah status Anda menjadi “sedang merekrut” dan posting lowongan pekerjaan di grup di LinkedIn. Jika Anda mengupgrade akun menjadi akun Premium, Anda dapat mengirim pesan langsung ke kandidat yang tidak terhubung dengan Anda.
LinkedIn Recruiter, produk LinkedIn khusus untuk perusahaan, memungkinkan Anda untuk merekrut karyawan dengan cepat, mudah, dan efisien.
7. Tingkatkan produktivitas dengan aplikasi seluler LinkedIn
Anda dapat mengakses LinkedIn saat Anda bepergian melalui aplikasi iPhone, iPad, Android, Windows dan BlackBerry. Dengan aplikasi seluler LinkedIn, Anda dapat memperbarui profil Anda dan mencari orang di LinkedIn untuk membantu mengingat dan terhubung dengan rekan bisnis yang Anda temui di konferensi dan acara lainnya. Gunakan aplikasi seluler LinkedIn untuk mendapatkan informasi tentang orang yang Anda temui di manapun, sehingga Anda dapat memulai perkenalan dan diskusi.
8. Temukan orang yang Anda cari dengan fitur Keahlian LinkedIn dan Pencarian Orang Tingkat Lanjut
LinkedIn, dengan 238 juta anggota dan terus bertambah, adalah tambang emas bagi orang yang mencari mitra bisnis, vendor, spesialis dan karyawan. Dengan filter pencarian yang dinamis (seperti tahun pengalaman, fungsi dan masih banyak lagi), Anda dapat mempersempit pencarian Anda untuk menampilkan hanya profil yang paling relevan bagi Anda. Anda juga dapat menyimpan pencarian Anda dan mengatur pengiriman pemberitahuan agar Anda mendapatkan email untuk hasil pencarian (profil) baru.
LinkedIn juga menganalisis ribuan keahlian populer di halaman Keahlian LinkedIn. Jika Anda mencari orang dengan keahlian khusus, Anda dapat menemukan kandidat kelas dunia di LinkedIn; Anda juga dapat mencari grup spesifik untuk mendiskusikan keahlian tertentu, serta melihat data dan grafik untuk keahlian serupa.
9. Luangkan waktu untuk tetap terhubung dengan profesional dan berita industri dengan LinkedIn Today
Sebagai pemilik usaha, mendapatkan berita dan tren terbaru akan membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis. Sekarang Anda tidak lagi perlu mengunjungi beragam website berita; dengan LinkedIn Today, Anda dapat menghemat waktu dan melihat artikel populer yang dibagikan oleh koneksi dan industri Anda, semuanya dalam satu tempat. Anda dapat memilih untuk “mengikuti” industri tertentu, serta sumber berita pilihan seperti The Wall Street Journal atau Mashable untuk melihat artikel yang paling banyak dibagikan.
10. Dapatkan inspirasi dari Profesional Terkemuka
Jika Anda sedang mencari inspirasi atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemilik bisnis yang sukses, ikutilah lebih dari 300 profesional terkemuka (thought leaders) yang membagikan pengetahuan dan tips profesional di LinkedIn. Anda dapat mendapatkan update dari orang terkenal seperti Richard Branson, Barack Obama dan Guy Kawasaki, dan juga menyukai dan memberi komentar langsung di posting mereka, bahkan membagikan kembali posting dengan jaringan Anda. Lihat topik menarik, tren, dan isu yang dapat memberi dampak positif pada komunitas profesional Anda, yang dapat membantu membentuk filosofi manajemen Anda atau memungkinkan Anda untuk mendapatkan ide bisnis baru.
Leave a Reply