Hasil pantauan Awesometrics pada Pemilu Legislatif (Pileg) April lalu, dalam satu hari yaitu pada 9 April 2014, ada lebih dari 226 ribu twit yang sebagian berasal dari para konstituen muda yang “pamer” telah melaksanakan haknya sebagai warga negara Indonesia.
Ratusan ribu twit itu kebanyakan berasal dari 152.151 akun yang paling aktif, dan diperkirakan ada 164.536.561 akun twitter yang menyimak percakapan ini. Angka ini diperkirakan akan meningkat di Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli 2014.
Menanggapi hasil pantauan ini, Koalisi Anak Muda Online Indonesia atau Kamoe Indonesia terus mengajak generasi muda untuk bijak memilih. “Jangan…jangan…jangan.. Jangan pilih dia yang suka bagi-bagi..Karena dia harus lakukan korupsi, kolusi.. Wooo wooo…tuk balikin modalnya nanti,” seruan ini didengungkan dalam lagu bertema kampanye Anti Golput dan Anti Politik Uang yang dilakukan oleh ratusan anak muda yang tergabung dalam KamoeIndonesia.org sejak masa Pileg lalu dan akan terus dilakukan hingga Pilpres nanti.
Kamoe Indonesia adalah sebuah organisasi nirlaba berbasis online dan bersifat sukarela yang didirikan pada 20 Desember 2013. Organisasi ini bertujuan membangun partisipasi anak muda dalam mewujudkan demokrasi tanpa korupsi di Indonesia.
“Kampanye sosial anti golput dan anti politik uang dimulai pada Januari 2014 hingga Juni 2014. Namun dengan tingginya partisipasi masyarakat, kampanye ini diperpanjang hingga menjelang Pilpres 2014,” ujar Ramlan Widiawan selaku Koordinator Nasional Kamoe Indonesia.
Kelompok muda dapat berpartisipasi melalui jaringan online maupun offline dengan membangun komunitas relawan anak muda yang disebut Presenter Kamoe Indonesia. Presenter Kamoe Indonesia tersebar di 8 kota yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Lombok, Kupang, Banjarmasin, dan Makassar. Ada 30 presenter di setiap kota yang berusia sekitar 17-22 tahun yang merupakan pemilih pemula. Setiap presenter bertugas mengajak 2 orang rekannya dari kalangan anak muda untuk menjadi menjadi suporter. Total relawan yang tersebar di 8 kota adalah 240 presenter dan 480 suporter.
Kampanye Kamoe Indonesia dilakukan melalui serangkaian aksi flashmob di 8 kota. Menggunakan musik dan lagu latar yang khusus diproduksi sebagai lagu tema kampanye, flashmob dilakukan di ruang publik yang banyak terdapat kelompok anak muda. Setelah menggelar flashmob, para presenter dan suporter membagikan poster, stiker dan flyer yang berisi informasi tentang pentingnya pemilu serta dampak negatif dari golput dan politik uang.
“Flashmob pertama di tanggal 30 Maret 2014 dan kedua 6 April 2014. Rencananya aksi selanjutnya segera digelar mulai akhir Mei hingga menjelang Pilpres di bulan Juli mendatang,” kata Ramlan.
Besar harapan kampanye ini dapat meningkatkan kesadaran anak muda untuk mau menggunakan hak pilih mereka dan mampu memilih pemimpin dengan bijak dari dua pasangan calon yang ada, yaitu Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
Organisasi yang berslogan ‘Jangan Gadaikan Hak Pilih Loe, Pake Suara Loe!’ ini membuka kesempatan bagi anak muda untuk berpartisipasi langsung maupun melalui media sosial. Untuk media sosial, dapat diklik di twitter, facebook, youtube, instagram, tumblr, flickr, slideshare, google+, dan path.
Kamoe Indonesia merupakan perwujudan dukungan Fortune PR terhadap proses demokrasi Indonesia. Fortune PR menilai efektivitas proses demokrasi dapat dilihat dari kuantitas serta kualitas pemilih di Pemilu. Kamoe Indonesia juga didukung oleh USAID dan Management System International (MSI).
“Fortune PR sangat mendukung Pemilu yang bersih, jujur, adil, dan berharap masyarakat, khususnya generasi muda, dapat menggunakan hak pilih mereka dengan bijak. Karena masa depan bangsa ini, mau jadi lebih baik atau tidak, ada di tangan kita,” kata Indira Abidin selaku Chief Happiness Officer Fortune PR.
Tentang Kamoe Indonesia
KamoeIndonesia.org atau Koalisi Anak Muda Online Indonesia adalah organisasi nirlaba bersifat sukarela berbasis online yang bekerja untuk membangun partisipasi anak muda dalam mewujudkan demokrasi tanpa korupsi di Indonesia. Didirikan pada 20 Desember 2013, KamoeIndonesia.org memiliki tujuan sebagai sebuah wadah komunikasi dan interaksi secara online para anak muda dari seluruh pelosok tanah air yang memiliki keinginan untuk menyuarakan aspirasi dan berbagi inspirasi untuk kemajuan Indonesia.
KamoeIndonesia.org akan menjalankan program-program kampanye sosial melalui jaringannya, baik online maupun offline, dengan membangun komunitas relawan anak muda yang kami sebut Presenter Kamoe Indonesia.
Informasi lebih lanjut dapat diakses di http://kamoeindonesia.org/
Tentang Fortune PR
Fortune PR merupakan konsultan yang menyajikan layanan solusi komunikasi terintegrasi berbasiskan public rela- tions sebagai layanan utamanya. Fortune PR yang menjadi pionir dalam industri humas di Indonesia adalah anak perusahaan dari PT Fortune Indonesia Tbk (IDX: FORU), sebuah perusahaan pengembang komunikasi terpadu yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2012, Fortune PR menjadi satu-satunya finalis berbasis di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan South-East Asia Consultancy of The Year oleh publikasi PR internasional The Holmes Report yang berpusat di Inggris. Di tahun yang sama, Fortune PR juga dianugerahi predikat sebagai South- east Asia PR Agency of the Year dari majalah Campaign-Asia Pacific. Pada tahun 2013, melalui ajang PRWeek Awards Asia, Fortune PR dianugerahi Certificate of Excellence untuk kategori Social Education & Philanthropy: Corporate Social Responsibility (CSR) Campaign of the Year.
Informasi lebih lanjut dapat diakses di http://www.fortunepr.com/
Leave a Reply