Menandai Terjalinnya Kemitraan Strategis antara Tiga Perusahaan Terkemuka di Dunia
Jakarta, 28 Februari 2013 – MNC Media, perusahaan media terbesar dan dengan layanan terlengkap di Asia Tenggara hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan Tencent (HKEX code:0700.HK), perusahaan penyedia layanan Internet terdepan di dunia. Kerja sama strategis ini difasilitasi oleh Hillhouse, perusahaan yang menangani penanaman modal perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia dan berbasis di Asia.
Bapak Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC Group, menyatakan kegembiraannya atas kerjasama ini. “Tencent adalah perusahaan yang telah sangat dikenal di seluruh dunia dengan teknologinya yang unggul dalam menyediakan pengalaman berkomunikasi tercanggih dalam era digital ini. Perpaduan antara teknologi serta keahlian Tencent dengan keberadaan MNC Media yang signifikan dalam industri media di Indonesia merupakan jaminan kesuksesan kemitraan ini dalam menyongsong pertumbuhan layanan berbasis internet di Indonesia yang kian pesat. Salah satu contoh nyata adalah WeChat, layanan komunikasi sosial untuk ponsel yang merupakan salah satu produk Tencent, telah berhasil meraih popularitas dengan pesat semenjak kehadirannya di Indonesia pertengahan tahun lalu. Selain itu, MNC Media juga sangat berterima kasih atas bantuan Hillhouse Capital Management yang memungkinkan terwujudnya kerja sama ini,” jelasnya.
Mr. Lei Zhang, pendiri dan CEO Hillhouse juga menyumbangkan pendapatnya atas kerja sama ini. “Merupakan suatu kehormatan untuk kami untuk dapat mempersatukan dua perusahaan kelas dunia ini dalam satu kemitraan. Kami juga sangat antusias untuk berpartisipasi dalam kerja sama yang luar biasa ini.”
Tencent, satu dari lima perusahaan Internet teratas di dunia berdasarkan valuasi saham, menyatakan kebanggaannya atas kemitraan yang baru dibentuk dengan MNC Media. “Kerja sama Tencent dengan MNC Media merupakan sebuah langkah strategis yang kami ambil untuk memperluas jangkauan ke pelanggan-pelanggan kami di Indonesia,” ujar Mr. Martin Lau, Presiden Tencent. “Kemitraan ini kami jalin demi mengembangkan sekaligus menegaskan peran kami dalam bidang teknologi internet maupun mobile internet, serta membuka jalan untuk kehadiran produk dan layanan Tencent di Indonesia di masa depan.” Mr. Martin Lau menambahkan bahwa, “Kami sangat menghormati MNC Media sebagai salah satu perusahaan media terbesar dan yang paling berpengaruh di Indonesia. Perpaduan antara keunggulan yang dimiliki Tencent dengan MNC Media merupakan sebuah landasan yang kokoh untuk memupuk pesatnya pertumbuhan industri internet di Indonesia. Tentunya, Hillhouse juga memiliki peran penting yaitu memfasilitasi kerja sama ini, dan mereka menyadari betapa bernilainya himpunan kekuatan yang dimiliki MNC Media dan Tencent.” paparnya.
Salah satu produk Tencent yang paling populer saat ini yang telah tersedia di Indonesia sejak tahun 2012 adalah WeChat. Layanan komunikasi sosial bebas biaya ini tersedia untuk smartphone, dan telah menembus angka 300 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Baru-baru ini Tencent meluncurkan WeChat untuk BlackBerry, melengkapi jajaran platform smartphone yang mendukung aplikasi tersebut. Sejak awal peluncurannya, WeChat untuk BlackBerry telah mendapat sambutan hangat di Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan pengguna BlackBerry terbanyak di dunia.
Sebagai bagian dari kemitraan ini, perusahaan-perusahaan di bawah MNC Media akan terdaftar sebagai pemilik akun resmi di WeChat, yang berfungsi sebagai sarana interaksi langsung dengan konsumen serta sebagai sumber informasi terkini untuk hal-hal yang berkaitan dengan layanan perusahaan. Kemitraan ini juga melahirkan video iklan komersial WeChat yang telah disiarkan sejak tanggal 23 Februari 2013 di tiga stasiun televisi terkemuka di Indonesia, yaitu RCTI, Global TV, dan Trans 7. Iklan televisi ini dibintangi oleh Gisel, artis cantik yang mewakili keceriaan yang ingin ditampilkan oleh WeChat.
“Bermitra dengan MNC Media dan Hillhouse adalah suatu kehormatan yang besar bagi kami. Tencent mempunyai keyakinan penuh bahwa Joint Venture ini akan memperluas jalan kami dalam menjangkau pasar Indonesia lebih dalam serta membuat kami menjadi pilihan nomor satu untuk layanan komunikasi sosial masyarakat Indonesia,” Mr. Martin Lau menambahkan.
Tentang MNC Media
MNC Media adalah perusahaan media terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara dengan bisnis inti yang terdiri dari bisnis konten, media periklanan dan media berbasis pelanggan. Media konten serta periklanan dikelola oleh PT Media Nusantara Citra, Tbk. (“MNC”). Bisnis inti MNC meliputi penyiaran tiga TV nasional free-to-air (FTA).
MNC memiliki pustaka konten terbesar di Indonesia dengan lebih dari 120.000 jam program-program terbaik dalam industri pertelevisian dengan pertambahan 10.000 jam setiap tahunnya. MNC telah berhasil memonetisasi isi pustaka melalui adanya 16 saluran khusus yang disiarkan melalui TV berbayar. MNC berencana untuk menambahkan 4 saluran baru di tahun 2013. MNC telah memiliki 3 dari 10 saluran swasta nasional bebas-biaya dengan jumlah pemirsa terbesar rata-rata presentase sebesar 38% (terhitung hingga tanggal 31 Desember 2012) selama demografis waktu siar utama.
Media berbasis pelanggan dikelola oleh PT MNC Sky Vision Tbk, operator TV berbayar terbesar di Indonesia dengan lebih dari 70% pangsa pelanggan keseluruhan melalui tiga brand terdepannya, yaitu Indovision, Top TV dan OkeVision. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi: www.mediacom.co.id
Tentang Tencent
Tencent bertujuan untuk memperkaya pengalaman online yang interaktif bagi para pengguna internet dengan menyedakan jajaran lengkap layanan internet serta layanan nilai tambah (value-added service). Melalui berbagai platform online yang meliputi Instant Messaging QQ, web portal QQ.com, QQ Game Open Platform di bawah benderaTencent Games, jejaring sosial multimedia Qzone serta portal nirkabel, Tencent melayani komunitas online terbesar di China serta memenuhi kebutuhan pengguna akan komunikasi, informasi, hiburan, dan e-Commerce lewat jaringan internet.
Tencent memiliki empat sumber penghasilan utama: layanan nilai tambah lewat internet, layanan nilai tambah lewat perangkat bergerak dan prerangkat telekomunikasi, pengiklanan melalui jaringan internet, serta e-Commerce.
Saham Tencent Holdings Limited diperjualbelikan di Dewan Utama Bursa Efek Hong Kong Limited, dengan kode saham 00700. Perusahaan ini juga menjadi salah satu dari 43 konstituen di Hang Seng Index (HSI) pada 10 Juni 2008. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://www.tencent.com/ir/
Tentang Hillhouse
Hillhouse Capital Management adalah perusahaan yang berbasis di Asia yang menangani penanaman modal untuk perusahaan-perusahaan ternama di dunia. Dengan berfokus kepada konsumen, media, dan sektor industri, Hillhouse memfasilitasi investasi ekuitas publik maupun swasta di Asia dan pasar lain dengan didasari dengan riset yang fundamental. Hillhouse telah menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan terbaik di dunia untuk membangun waralaba bisnis yang bermakna dan tahan lama. Dengan didukung oleh sumbangan dana dari universitas, lembaga, badan independen, perusahaan keluarga, dan penanam-penanam modal terkemuka di dunia, Hillhouse berkomitmen untuk memetik nilai-nilai investasi tertinggi dalam jangka panjang.
Leave a Reply