Jakarta, 16 November 2012 – Komunitas iPhonesia, bersama dengan World Toilet Organization (WTO) dan Prodev, unit usaha Fortune PR yang berfokus pada social marketing, bekerja sama mengadakan Kontes Instagram dalam rangka merayakan World Toilet Day 2012 yang jatuh pada tanggal 19 November 2012 ini. Kontes berlangsung pada 14-17 November 2012 dan dapat diikuti seluruh pengguna instagram di Indonesia, melalui berbagai peranti. Pemenang kontes ini akan dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan dari komunitas iPhonesia, Ebes Rasyid; Staf Ahli Komunikasi Bappenas, Nissa Cita; Sutradara film Indonesia Joko Anwar; dan Behavior Change Communication Director Prodev-Fortune PR, Fardila Astari. Lomba ini merupakan wujud kepedulian Komunitas iPhonesia dan Prodev Fortune PR terhadap isu sanitasi dan toilet di dunia dan terutama di Indonesia, yang selalu diperingati melalui event World Toilet Day setiap tahun nya . Pemenang kontes ini bisa mendapatkan iPhone 4S 32GB dan iPod Touch 64GB. Dua puluh foto terbaik akan dipamerkan di acara puncak World Toilet Day 2012 tanggal 19 November 2012 di Senayan City dan 20-21 November 2012 di Grand Indonesia, West Wing lantai 3.
World Toilet Day yang diperingati setiap tanggal 19 November, bertujuan untuk mendobrak tabu dalam membicarakan toilet, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya fasilitas dan infrastruktur toilet dan sanitasi yang baik. Toilet yang baik merupakan hal yang krusial bagi kehidupan manusia, karena toilet yang baik tak hanya akan membantu mempertahankan kesehatan manusia, namun juga bisa membantu memperbaiki martabat, meningkatkan taraf hidup, dan memberdayakan masyarakat. Namun sayangnya, menurut data UN water.org hingga kini, 2.5 milliar orang atau setara 40% penduduk dunia tak memiliki akses pada fasilitas sanitasi dan toilet yang layak sehingga mengakibatkan setiap 2 detik, 1 anak di dunia meninggal dunia akibat diare. Sementara di Indonesia menurut data Kementerian Pekerjaan Umum (PU), masih ada 40 juta orang dari 241 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki toilet yang layak dan mengakibatkan penderita diare dari tahun ke tahun berkisar antara 3,5 juta jiwa sampai 4,5 juta jiwa (data Kementerian Kesehatan).
Kontes Instagram dibuka sejak 14 November 2012. Setiap hari, iPhonesia akan mengirim minimal 5 foto terbaik yang akan menjadi shortlisted untuk dipamerkan. Tagar yang akan dipakai untuk Kontes lnstagram adalah #IGiveAShit #PikirkanToiletmu #iPhonesia-WTD12. Kontes akan berakhir pada tanggal 17 November pukul 12 malam.
“Kami berharap Kontes Instagram ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai isu sanitasi dunia,termasuk di Indonesia. Melalui kontes ini, masyarakat dapat ikut serta mendukung World Toilet Day dengan cara-cara yang kreatif dan populer,” ujar Fardila Astari, Behavior Change CommunicationDirector Prodev – Fortune PR. Aries Lukman, pendiri Komunitas iPhonesia, optimistis mengenai Kontes Instagram yang diadakan di WTD ini. “Komunitas iPhonesia memang menyambut baik kontes ini, karena tujuannya yang mulia, untuk perbaikan kehidupan manusia,” tuturnya.
Partisipasi pada World Toilet Day pada akhirnya dapat membantu menyelamatkan banyak orang. Selain berpartisipasi di kontes Instagram, masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam World Toilet Day dengan mengunduh campaign kit di www.worldtoiletday.org dan bergabung sebagai member di laman Facebook World Toilet Day atau follow twitter @worldtoiletday dengan menggunakan tagar #IGiveAShit.
Useful Links:
World Toilet Organization website: http://worldtoilet.org/wto/
World Toilet Day website: http://worldtoiletday.org/
World Toilet Organization Facebook: http://www.facebook.com/WTO.org
World Toilet Day Facebook: http://www.facebook.com/WTDay
World Toilet Organization Twitter: http://twitter.com/worldtoilet
World Toilet Day Twitter: http://twitter.com/worldtoiletday
World Toilet Organization YouTube: http://www.youtube.com/OfficialWTO
World Toilet Day YouTube: http://www.youtube.com/officialWTD
Tentang Pro Development (Prodev)
Prodev merupakan salah satu divisi di Fortune PR yang mempunyai spesialisasi pemasaran sosial atau social marketing dan public affairs. Prodev juga berarti Pro Job, Pro Children, Pro Women, Pro Growth, dan Pro Environment mengacu pada Millennium Development Goals (MDGs). Prodev dibentuk berlandaskan kekayaan pengalaman dan kepakaran Fortune Group dalam bidang pemasaran sosial, seperti kampanye Lingkaran Biru KB (1988), Aku Anak Sekolah (1997) dan Kampanye Pemilihan Umum (2004 dan 2009), yang diakui secara internasional sebagai kampanye-kampanye yang sangat sukses dan berdampak.
Proyek yang pernah atau sedang ditangani diantaranya adalah program Water & Sanitation Initiative (AusAID), “Tabungan BTN Cermat” (Kerjasama Bank BTN dan The World Saving Bank Institute (WSBI) yang didanai oleh Melinda and Bill Gates Foundation) yang menjadi finalis Sabre Award 2012 kategori The Best South – East Asia Campaign dan The Best Public Education, Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu -SVLK (MFP, UKAID), Kehati Award, World Toilet Day 2012 (World Toilet Organization dan Water Supply and Sanitation Collaborative Council).
Tentang World Toilet Organization
World Toilet Organization, WTO (Organisasi Toilet Dunia) adalah organisasi nirlaba berskala global, yang mendedikasikan untuk memperbaiki kondisi toilet dan sanitasi di seluruh dunia. WTO mengerti bahwa sanitasi yang baik bukanlah semata-mata mengenai pemberian akses yang memadai. Namun juga mengembalikan martabat manusia, memberikan kenyamanan, memperbaiki taraf hidup dan menawarkan pemberdayaan, jadi orang-orang bisa memperjuangkan masa depan mereka.
WTO adalah satu dari sedikit organisasi yang fokus pada toilet. Namun sayangnya, tak seperti air, toilet tak mendapat perhatian dan sumber daya yang sama, yang diperlukan. WTO percaya bahwa melalui edukasi, pelatihan, dan membuat pasar pada sektor sanitasi, dunia bisa memberikan peluang bisnis, sanitasi dan toilet yang higienis bagi setiap orang. Kunjungilah www.worldtoiletday.org.
Leave a Reply