Pertumbuhan pengguna internet melalui perangkat mobile membuka banyak peluang untuk para blogger Indonesia
September 29, 2011, Jakarta – BuzzCity, sebuah perusahaan media mobile yang mempunyai jaringan iklan mobile internet (internet melalui telepon selular), hari ini mengeluarkan artikel mengenai bagaimana para blogger Indonesia dapat mendulang keuntungan dari blog mereka dengan memanfaatkan pertumbuhan konsumsi mobile internet. Fenomena ini akan menjadi peluang besar untuk para blogger di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh BuzzCity, 94% dari penduduk Indonesia yang disurvei menggunakan internet paling sedikit satu kali sehari, dan lebih dari setengah responden mengatakan mereka berselancar di internet paling sedikit enam kali sehari. Orang Indonesia juga menghabiskan waktu lebih banyak berselancar internet bila dibandingkan dengan responden dari banyak negara lain, karena 54% dari responden mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu lebih dari satu jam tiap sesinya.
Pada tahap awal sejarah internet di Indonesia, pelanggan umumnya berselancar dari rumah. Tapi saat ini orang menghabiskan lebih banyak waktu dalam perjalanan, misalnya dari rumah ke kantor maupun melakukan perjalanan ke luar kota, yang berarti mereka tidak dapat mengakses PC dan menjadikan perangkat selular satu-satunya cara mudah untuk mengakses internet. Sepanjang libur Lebaran pada bulan Agustus 2011 yang lalu, jaringan iklan BuzzCity tidak mengalami penurunan trafik mobile internet. Jaringan BuzzCity melayani 1.2 milyar iklan sepanjang bulan Agustus 2011, peningkatan sebesar 20% dibandingkan bulan Juli. Konsumsi konten-konten berlanjut sepanjang waktu liburan. Indonesia sekarang sudah memasuki fase mobile internet.
“Indonesia akan mengalami ledakan mobile internet dalam waktu dua tahun kedepan. Pada saat ini, Indonesia mempertahankan posisinya sebagai pasar kedua terbesar untuk iklan mobile. Bayangkan bagaimana keadaannya pada dua tahun mendatang,” kata KF Lai, CEO BuzzCity. “Telepon selular (dan juga smartphone) yang semakin murah, perbaikan jaringan operator telekomunikasi dan harga layanan data yang semakin kompetitif dapat memperbesar jangkauan mobile internet dan menghadirkan suatu peluang besar bagi para blogger Indonesia”, tambah KF Lai.
Pada masa kini, dimana jumlah telepon selular makin berkembang, para blogger Indonesia harus menangkap peluang dari kehadiran blog mereka. Saat ini, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana menjadi aktif dalam dunia mobile blogosphere dan mendulang keuntungan melalui iklan-iklan mobile. KF Lai menjelaskan, “Apapun Anda, sebagai pemilik situs blog maupun pengembang aplikasi, ini waktunya untuk mulai mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan trafik ke blog. Satu pilihan yang tersedia adalah melalui pemasangan iklan mobile dari jaringan BuzzCity. Karena saat ini trafik internet makin banyakberasal dari perangkat mobile, para blogger perlu membangun versi wap dari situs blog mereka. “Fitur Mobilizer memungkinkan Anda mengubah blog atau situs menjadi sebuah situs mobile hidup tanpa memerlukan pemrograman lebih lanjut,” tambah KF Lai. BuzzCity mengajak dan menyarankan blogger untuk menjadi rekanannya, yang disebut sebagai “publisher”, dan BuzzCity menawarkan metode pendapatan PPC (Pay per Click) untuk setiap iklan banner grafik dan iklan teks yang ditampilkan pada situs publisher. Sebagai publisher BuzzCity, blogger akan menerima set koding untuk dipasang pada situs blog mobile mereka, dan blogger bebas mengatur penempatan iklan tersebut. Blogger juga dapat memilih kategori pengiklan, menerimalaporan mengenaijumlah pendapatan yang dihasilkan dari BuzzCity, serta menelusuri langsung pergerakan pendapatan mereka. Peluang yang sama juga tersedia untuk pengembang aplikasi dan blogger pemula.
————————-SELESAI————————-
Tentang BuzzCity
BuzzCity adalah perusahaan media mobile yang manawarkan akses kepada pemilik brand dan biro iklan ke jaringan iklan global di mobile internet. Jaring tersebut terdiri dari para penerbit dari seluruh dunia dan BuzzCity merupakan pemilik dari properti media mobile-nya. Sebagai salah satu pemain terdepan, BuzzCity telah mengembangkan pengetahuan yang mendalam atas para konsumen mobiledan memberikan kesempatan yang jelas bagi para pemasar dalam menggapai para pemirsa mereka melalui program-program iklan dan yang dikeluarkan para penerbit.Informasi tambahan dapat ditemukan di www.BuzzCity.com.
Leave a Reply