Komunikasi sebagai suatu proses penting dalam penyampaian sebuah informasi (pesan, ide, gagasan) yang dilakukan dari satu pihak kepada pihak yang lain, adalah keterampilan yang harus dimiliki dan diasah oleh calon pemimpin muda sedari dini.
Kondisi yang berkembang saat ini, mendorong komunikasi lebih intens dan variatif sehingga pesan yang akan disampaikan dapat mencapai khalayak target lebih luas sehingga dapat melibatkan banyak orang dan memudahkannya saat berinteraksi dalam kegiatan yang berkaitan dengan informasi tersebut.
Dalam melibatkan banyak orang pun, komunikasi yang disampaikan perlu membawa sebuah nilai, serta informasi yang relevan dan terbaru bagi orang yang menerima pesan tersebut. Hal yang juga penting adalah isi dan gagasan yang terdapat dalam sebuah pesan selayaknya mudah di ingat.
Saat menyampaikan presentasinya di Asean Youth Congress 2011, Ibu Indira Abidin, Managing Director Fortune PR yang juga salah satu alumni dari AIESEC menjelaskan beberapa point penting dalam membuat sebuah pesan baru. Gagasan ataupun ide haruslah berdasarkan fakta yang aktual dengan melakukan riset maupun observasi dari sebuah pesan. Demikian pula dapat menjadi nilai lebih terhadap isi dari pesan tersebut jika opini maupun pemikiran dari tokoh yang berpengaruh maupun berkaitan dengan pesan yang disampaikan bisa memperkuat isi gagasan sebuah pesan.
Sebagai ajang untuk mengaktifkan kepemimpinan kaum muda dan memberdayakan pemimpin muda dalam membuat dampak yang positif bagi masyarakat di Negara ASEAN, ASEAN Youth Congress tahun ini melatih kepemimpinan dan keterampilan para pemimpin muda untuk turut serta berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Kegiatan kongres pemuda se-ASEAN yang baru pertama kali diadakan ini berlangsung selama enam hari dari tanggal 25 hingga 30 April di Plenary Bina Nusantara.
Beliau pun memberikan salah satu contoh pionir pemuda, Eriko Yamaguchiadalah salah satu contoh pemuda aktif dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Ia membuat produk tas ramah lingkungan yang terbuat dari bahan alami. Produk pertamanya “Jute Bags” telah diproduksi ke beberapa negera berkembang.
Eriko adalah pemimpin muda yang berkontribusi terhadap masyarakat luas melalui informasi yang ia dapatkan dan mengkomunikasikannya melalui sebuah produk, sebab saat ini produksi berbahan dasar sampah ataupun yang berasal dari bahan daur ulang mampu menunjang dan mengembangkan kehidupan masyarakat. Dari sanalah Eriko melangkah dan mencoba usaha tersebut.
Pentingnya pengetahuan serta kemampuan berkomunikasi dari para pemimpin muda diharapkan dapat menginspirasi masyarakat lebih luas, juga dapat turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta membawa peningkatan kehidupan sekitar.
Menukil sebuah pesan bijak seorang fashion designer Italia, Giorgio Armani, Indira mengatakan ‘If people want to change, they will. If they don’t want to, it’s hard to make them do so. The current interest in the environment is a good thing. The best way to make a contribution in fashion is to promote the idea that a fundamental interest in preserving the environment is itself fashionable.’
Leave a Reply