Dalam laporan Buzzcity, rangkuman 1 kwartal atas tren-tren dan kecenderungan belanja iklan mobile, menunjukan lebih banyak iklan (53 milyar iklan) ditayangkan melalui jaringan Buzzcity pada enam bulan pertama tahun 2011, dibandingkan keseluruhan iklan tahun 2010 (52 milyar iklan).
Data pada laporan terbaru Buzzcity memberikan bukti prediksi atas industri secara keseluruhan termasuk prediksi Gartner baru-baru ini atas pemasukan iklan mobile diseluruh dunia, yaitu meningkat dua kali lipat di tahun 2011, tumbuh menjadi 3,3 milyar dolar dari 1,6 milyar dolar yang dihasilkan tahun 2010.
Untuk Indonesia, jumlah penayangan iklan dalam kwartal kedua sebesar 3,8 milyar dengan average CPC sebesar US$ 0,04. Ini menjadikan Indonesia pasar kedua terbesar di dunia walaupun pada kwartal ini sedikit menunjukan penurunan penayangan iklan.
Buzzcity mengatribusi pertumbuhan ini akibat penurunan biaya data dari operator, promosi gila-gilaan dari handset murah atas mobile internet dan konten mobile yang lebih baik.
Negara-negara yang memimpin jumlah penayangan iklan seperti India, Indonesia, Vietnam dan Amerika Serikat, masing-masing menayangkan lebih dari 1 milyar iklan pada kwartal ini. Sebagai tambahan, 47 negara lainnya masing-masing melayani lebih dari 100 juta impresi iklan mengkontribusi pada sebuah pertumbuhan secara keseluruhan sebesar 30% dari kwartal ini.
“Iklan mobile tidak lagi didominasi oleh beberapa pasar. Sekitar 50 negara yang menayangkan lebih dari 100 juta iklan per kwartal bukan lagi sebuah hal yang luar biasa , namun merupakan sebuah indikasi dari kedalaman dan peningkatan kedewasaan dari seluruh ekositem mobile. Iklan mobile internet kini dilihat sebagai suatu kekuatan bagi para marketer untuk menyebarluaskan pesan, membangun brand dan penjualan mereka – suatu medium sebuah media yang tidak dapat kita kesampingkan,” jelas CEO Buzzcity, Dr KF Lai.
“Lebih jauh lagi, kita berada dalam puncak penyebaran adopsi teknologi pembayaran via mobile,” tambah Lai. “Dan kami percaya iklan mobile akan meningkat dengan lebih banyak lagi pengiklan yang melihat hasil pendapatan langsung segera dan dapat diukur dari kampanye-kampanye mobile mereka”.
Untuk melihat laporan lengkap dari Buzzcity, termasuk detail-detail ponsel yang terbanyak digunakan untuk penggunaan internet serta hasil mendalam dari fragmentasi sistem operasional dalam hubungan dengan iklan mobile silahkan kunjungi reports.buzzcity.com
Leave a Reply