Pasar-pasar berkembang*, yang didalamnya termasuk pula Indonesia, akan memainkan peranan pentingnya dalam merealisasikan strategi tersebut. Pada tahun 2012, pasar-pasar berkembang telah mencapai 43 persen total penjualan Henkel, dibandingkan tahun 2008, yaitu sejumlah 37 persen. Henkel bertujuan untuk terus melanjutkan pencapaian pertum-buhan diatas rata-rata dan menghasilkan penjualan bersih senilai 10 milyar euro dalam pasar berkembang pada akhir tahun 2016. Sehingga, pertumbuhan penjualan menjadi senilai 3 milyar euro dibandingkan pada tahun 2012 untuk pasar berkembang.
Allan Yong, Presiden Henkel Indonesia berkata, “Khususnya dalam empat tahun terakhir, Henkel Indonesia telah mengokohkan fondasi yang kuat akan pertumbuhan untuk masa depan melalui merek-merek produk utama kami, organisasi yang berorientasi pasar serta tim yang kuat. Hal ini direfleksikan dalam pertumbuhan keuntungan double-digit yang kuat dise-tiap tahunnya selama lebih dari empat tahun terakhir, dengan jumlah keuntungan bersih pemecah rekor pada tahun 2012. Sejalan dengan strategi Henkel untuk memperluas keberadaan kami dalam pasar-pasar berkembang, Henkel Indonesia siap untuk mempercepat pertumbuhan pada tahun-tahun kedepan dengan tujuan untuk menjadi benchmark dalam industri yang mengutamakan pelanggan, inovasi, keberlanjutan, serta menyediakan berbagai pilihan.”
Fondasi yang kuat demi pertumbuhan di masa depan
Melalui merek global Adhesive Technologies – Loctite, Aquence, Technomelt, Teroson dan Bonderite – Henkel Indonesia telah mencapai posisi pemimpin pasar dalam berbagai industry, seperti konsumen, sepatu, pengemasan, book-binding, dan pemeliharaan, perbaikan, dan perubahan susunan. Selain itu, peningkatan saham dalam otomotif, energi alternatif dan industri konstruksi. Dengan bangkitnya kelas menengah dan tingkat kesejahteraan di Indonesia, unit bisnis Henkel, Beauty Care memasuki pasar retail produk rambut melalui lima produk internasional dibawah merek SYOSS dan Schwarzkopf, yaitu Extra Care, Freshlight, Got2b, dan Palette. Freshlight merupakan produk pewarna pertama di Indonesia yang menawarkan pewarnaan fashion rambut dalam bentuk foam.
Allan berkata, “Salah satu dari lima nilai perusahaan yaitu: ‘Kami menempatkan pelanggan sebagai pusat aktifitas.’ Hal tersebut berarti menjalin partnering dengan pelanggan di Indonesia demi kesuksesan jangka panjang. Untuk bisnis adhesive kami, kami bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan inovasi, kualitas terbaik, serta produk dan proses berkelanjutan. Untuk bisnis Beauty Care, kami memperkenalkan merek perawatan rambut ternama yang dapat membantu pasar lokal dalam mencapai fashion rambut terbaru. Sebagai sebuah organisasi terintegrasi global, kami telah mampu untuk mening-katkan kapabilitas inovasi, sumber daya, dan pengetahuan ahli dari Henkel Asia Pasifik dan jaringan global untuk menguntungkan pelanggan dan partner berharga kami di Indonesia.”
Ia menambahkan, “Memiliki kebiasaan untuk menang serta tim yang kuat merupakan hal penting untuk menjaga pertumbuhan berkelanjutan. Di Indonesia, kami menekankan pelatihan dan perkembangan kepemimpinan bagi seluruh karyawan diberbagai tingkatan. Para karyawan kami yang berpotensi tinggi ditempatkan dalam program mentorship, tugas luar negeri dan rotasi kerja. Untuk membina sebuah jalur bakat, kami berhubungan secara intensif dan langsung dengan mahasiswa dari universitas ternama di Indonesia melalui program magang dan management trainee serta Henkel Innovation Challenge, sebuah kompetisi bisnis internasional untuk mahasiswa tingkat akhir.”
Ia berkata, “Dengan posisi kami sebagai pemimpin pasar dan merek produk, fokus pelanggan yang kuat dan berpengalaman, tim Indonesia yang berdedikasi, Henkel Indonesia telah membangun fondasi yang solid yang dapat memudahkan kami untuk berkontribusi pada strategi perusahaan, berdasarkan pada empat keywords: Outperform (Unggul), Globalize (Globalisasi), Simplify (Sederhana) and Inspire (Inspirasi).”
Ringkasan strategi prioritas Henkel Indonesia untuk tahun 2016
1. Outperform (Unggul)
Untuk bisnis Adhesive Technologies dan Beauty Care, Henkel Indonesia bertujuan untuk mengungguli kompetisi dalam dimensi kinerja produk, kualitas, inovasi, pelayanan, dan keuntungan. Dalam kategori pertumbuhan, seperti kemasan fleksibel (flexible packaging) dan bisnis perekat sepatu (shoe adhesive), Henkel Indonesia juga akan memperluas penjualannya serta pelayanan teknis dan investasi pengeluaran kapital untuk mempercepat pertumbuhan. Untuk Beauty Care Indonesia, objektifnya adalah untuk meningkatkan pangsa pasar melalui kepemimpinan inovatif atas merek produk-produk internasional yang sukses serta menghasilkan keuntungan.
2. Globalize (Globalisasi)
Melalui pengembangan proyek mercusuar global dan regional, Henkel Indonesia bertujuan untuk memperoleh keuntungan sebagai pionir pembawa produk-produk dan teknologi utama ke Indonesia. Contohnya, Freshlight dari Beauty Care yang merupakan produk pewarna pertama di Indonesia yang menawarkan pewarnaan fashion rambut dalam bentuk foam.
3. Simplify (Sederhana)
Henkel Indonesia berkomitmen untuk mengimplementasikan proses terbaiknya yang memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan fleksibiltas yang lebih luas atas berbagai bisnis dan operasinya. Sejalan dengan hal tersebut, Henkel Indonesia akan melaksanakan transisi menuju platform IT terintegrasi terbaru pada bulan Juli 2013 sebagai bagian dari inisiatif Henkel untuk menyederhanakan, menstandarisasi, dan mengharmonisasikan seluruh proses bisnis secara global dalam jangka waktu empat tahun kedepan. Ia juga akan mengembangkan lebih jauh kapabilitas Shared Service perusahaan hingga dapat memberikan keuntungan dari efisiensi biaya yang lebih besar dan alokasi sumber daya untuk memberikan inovasi serta proyek bernilai tinggi lainnya.
Allan berkata, “Sebagai tambahan, pabrik adhesive kami di Tangerang dan Pasuruan akan terus memberikan dukungan, dari penjualan dan pelayanan teknis hingga inovasi gabungan dan produksi. Kami juga akan terus mengoptimalkan skala efisiensi, memungkinkan tingkat kompetitif pasar yang lebih luas dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.”
4. Inspire (Inspirasi)
Sejalan dengan strategi global Henkel, Henkel Indonesia akan berfokus pada tiga area yaitu Leadership (Kepemimpinan), Talents & Performance (Kinerja dan Bakat) dan Diversity (Keanekaragaman). Misalnya, tim manajemen akan berhubungan dengan seluruh karyawan untuk membantu mereka menginternalisasikan dan melaksanakan lima Leadership Principles (Prinsip Kepemimpinan) Henkel. Karyawan dari Adhesive Technologies akan menjalani pelatihan penjualan ekstensif, manajemen pelanggan, kemampuan presentasi dan komunikasi yang ditawarkan oleh Adhesive Technologies Professional Campus untuk membantu mereka akan kapabilitas bisnis secara holistik. Diseluruh Asia Pasifik, lebih dari 1,000 orang telah menjalani program tersebut dengan hampir 10 persen dari mereka berasal dari Indonesia. Perusahaan akan terus mempromosikan Diversity (Keanekaragaman) – terutama dalam area kewarganegaraan, usia, dan jenis kelamin – sebagai sebuah faktor penting untung mencapai kesuksesan. Misalnya, kami berencana untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam posisi manajerial. Di antara tahun 2011 dan 2012, jumlah perempuan dalam posisi manajerial menjadi dua kali lipat di Indonesia.
*Pasar berkembang termasuk Asia (Kecuali Jepang), Eropa Timur, Timur Tengah/ Afrika, Amerika Latin
Tentang Henkel
Henkel beroperasi di seluruh dunia sebagai merek dan teknologi terkemuka dalam tiga area bisnis: Laundry & Home Care, Beauty Care and Adhesive Technologies. Didirikan pada tahun 1876, Henkel mempertahankan posisinya sebagai pasar global terkemuka dalam bisnis konsumen dan industrial dengan mereka terkenalnya seperti Persil, Schwarzkopf dan Loctite. Henkel memperkerjakan 47,000 orang dan melaporkan jumlah penjualan senilai 16,150 juta euro serta keuntungan operasional yang disesuaikan senilai 2,335 juta euro pada fiscal 2012. Saham-saham terpilih Henkel pun terdaftar dalam stok indeks Jerman, DAX.
Leave a Reply