Jakarta, 1 April 2015 – AEON MALL, pengembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang, mengumumkan bahwa AEON MALL BSD CITY, yang merupakan mall bernuansa Jepang pertama di Indonesia akan resmi dibuka pada Sabtu, 30 Mei 2015 mendatang. Pengumuman disampaikan saat Konferensi Pers pada Rabu (1/4), di Chakra Restaurant, The Breeze, BSD City. Dalam mengembangkan AEON MALL BSD CITY, AEON MALL melakukan kerjasama joint venture dengan salah satu pengembang terbesar dan terpercaya di Asia Tenggara, Sinar Mas Land atas nama PT. AMSL INDONESIA, yang telah diresmikan pada Januari 2013 lalu.
“AEON MALL BSD CITY mengusung konsep ‘For Your Smart Living’ yang berarti memberikan one stop service untuk memenuhi kebutuhan berbelanja lengkap bagi seluruh keluarga. Kami menawarkan beragam fasilitas dan pengalaman berbelanja yang menarik untuk mendukung kehidupan masyarakat yang berkualitas,” ujar Presiden Direktur PT AMSL INDONESIA Ryuma Okazaki dalam sambutannya.
Selain Ryuma Okazaki selaku Presiden Direktur dari PT. AMSL INDONESIA & AEON MALL INDONESIA, konferensi pers juga dihadiri oleh Toyofumi Kashi, Presiden Direktur AEON INDONESIA, Alphonzus Widjaja, Direktur PT. AMSL INDONESIA, Daisuke Isobe, General Manager dari PT. AMSL INDONESIA, Adrian Pranata, Operations General Manager dari PT. AMSL INDONESIA, dan seluruh manajemen terkait.
AEON MALL sendiri memiliki misi untuk mengembangkan komunitas lokal sekitar dengan menyediakan pusat perbelanjaan yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan menghadirkan gaya hidup baru bagi masyarakat. Hal ini yang juga mendukung diadaptasinya konsep ‘For Your Smart Living’ yang membuat masyarakat dapat memenuhi segala kebutuhan hidup secara lengkap dan memberikan waktu berkualitas bersama keluarga di AEON MALL BSD CITY.
Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land menegaskan, ”Kehadiran AEON Mall BSD City merupakan bukti komitmen Sinar Mas Land dan AEON Mall dalam menyediakan pusat perbelanjaan dengan fasilitas terbaik bagi masyarakat, tidak hanya bagi warga penghuni BSD City tetapi juga warga di area Serpong dan Jabodetabek secara luas.”
Ishak Chandra juga optimis AEON Mall BSD City akan menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang unik sekaligus terbaik dengan mengatakan, ”Untuk pertama kali di Indonesia ada Mall bergaya Jepang yang menyediakan beragam fasilitas, serta berada di lokasi strategis karena dapat dijangkau dengan mudah melalui 2 jalur tol, yakni Jalan Tol Jakarta-Tangerang dari Jakarta melalui simpang susun Tomang kemudian keluar Tangerang pada Km. 18 serta Jalan Tol Bintaro Serpong yang juga terhubung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan pada ujungnya terdapat 2 pintu keluar menuju BSD City yaitu Lingkar Barat (km 12) dan Lingkar Timur BSD (km 10).”
Dirinya juga menjelaskan secara detil bahwa akses bagi masyarakat semakin mudah karena keberadaan lajur tol JORR W2 Utara yang sudah mulai beroperasi penuh dengan dibukanya ruas Ciledug– Ulujami sejak tanggal 22 Juli 2014 lalu. Hal ini membuat AEON Mall BSD City dapat diakses dari segala arah, bahkan perjalanan dari bandara Soekarno Hatta, Pluit, Kebon Jeruk, Permata Hijau, Kebayoran dan TB Simatupang menuju BSD City atau sebaliknya, kini dapat ditempuh dalam waktu jauh lebih cepat.
Mall Bernuansa Jepang Pertama di Indonesia
“Kami mengharapkan dengan berdirinya Mall ini dapat menjadi pusat bagi komunitas dan budaya Jepang, dimana interaksi budaya yang unik antara Jepang dan Indonesia dapat ditemukan di dalam mall ini” ucap Adrian Pranata yang ditemui saat Konferensi Pers AEON MALL BSD CITY. “Kami menghadirkan 280 toko, termasuk 47 toko dari Jepang, dan 25 toko di antaranya baru pertama kali ada di Indonesia”, tambahnya.
Dalam Konferensi Pers dijelaskan pula mengenai berbagai keunggulan AEON MALL BSD CITY. AEON MALL BSD CITY menghadirkan fasilitas food court dan restaurant terbanyak di daerah BSD City dengan total sebanyak 140 toko. Ground Floor bernuansa modern terbagi atas 2 konsep yaitu Café Street dan Food Culture dengan bermacam-macam restaurant dengan fokus makanan Jepang seperti Uchinoshokudo, Kaihomaru, Gyu Kaku Yakiniku, dan lain sebagainya. Mall ini tentunya dapat menjadi surga bagi para pecinta makanan Jepang. Tersedia pula makanan western dan Italia, dan sekitar 21 toko yang memiliki teras yang terbuka di area Café Street. Di lantai 3 ada Food Court yang menyediakan sekitar 1100 tempat duduk (Food Carnival), restaurant umum, dan juga tersedia 7 toko ramen (Ramen Village).
Tidak hanya makanan, AEON MALL BSD CITY juga merupakan tempat yang tepat bagi pecinta fashion. Beragam tenant fashion berkelas seperti Uniqlo, Charles & Keith, Hush Puppies, Clarks, Guess, hingga Batik Keris pun kian melengkapi destinasi fashion para pengunjung. Terdapat pula toko peralatan sehari-hari dari Jepang, Best Denki, yang menyediakan berbagai peralatan elektronik dan perlengkapan rumah tangga.
Bagi para traveler, AEON MALL BSD CITY menyediakan Travel Lounge yang menyediakan berbagai perlengkapan travel dengan tenant-tenant ternama seperti JTB, H.I.S., perusahaan travel agent asal Jepang dan toko Studio Tas dari Indonesia. Di lounge ini juga diperkenalkan berbagai tempat tujuan wisata di Jepang dan juga akan dilakukan event yang memperkenalkan beberapa tempat wisata baik di Indonesia maupun di Jepang.
Pada saat site visit yang dilakukan setelah Konferensi Pers, Adrian Pranata menjelaskan bahwa AEON MALL BSD CITY menggunakan standar keamanan yang sangat tinggi, yang mengutamakan keamanan pengunjung. “Untuk menghindari bahaya kebakaran dan kecelakaan yang dapat terjadi pada bisnis mall, kami menggunakan standar keamanan dari Jepang yang sudah teruji kualitasnya,” lanjutnya. Adrian kemudian menjelaskan bahwa untuk mencegah adanya anak-anak yang jatuh, AEON MALL BSD CITY memiliki ketinggian pagar railing 1,4m. Seandainya terjadi gempa, bangunan mall dibangun dengan standar seperti AEON MALL di Jepang. Atap pada lantai paling atas merupakan bagian dari struktur rangka untuk memastikan agar atap tersebut tidak runtuh ketika terjadi gempa. AEON MALL BSD CITY juga berperan sebagai pusat komunitas yang berguna bagi orang tua, orang dengan kebutuhan khusus (special needs) dan juga bagi para orang tua yang membawa anak-anaknya agar mereka bisa berbelanja dengan nyaman.
Kehadiran AEON BSD CITY STORE
AEON BSD CITY STORE sebagai bagian dari AEON Group, perusahaan ritel terbesar di Jepang, kini hadir di AEON MALL BSD CITY. AEON BSD CITY menyediakan konsep belanja yang lengkap (one stop shopping) untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para Pelanggan, dari makanan, perlengkapan rumah tangga, pakaian, kebutuhan anak, dan lain sebagainya. AEON BSD CITY STORE juga akan menghadirkan produk yang memiliki nilai tambah dengan kualitas terbaik, makanan yang aman, ide-ide untuk gaya hidup masa kini dan pelayanan dengan standar mutu Jepang demi kepuasan Pelanggan.
Toyofumi Kashi, Presiden Direktur AEON INDONESIA dalam pernyataanya menyebutkan: “AEON INDONESIA merupakan satu-satunya General Merchandise Store (Super Supermarket dan Department Store) yang ada di dalam AEON MALL BSD CITY. AEON INDONESIA akan menghadirkan rangkaian produk dan jasa yang belum pernah ada di Indonesia dengan harapan akan meningkatkan gaya hidup dan memberikan kepuasan kepada para Pelanggan.
Mall Ramah Lingkungan
Adrian Pranata dalam pernyataannya menjelaskan bahwa AEON MALL BSD CITY merupakan mall yang memperhatikan lingkungan dan manusia, seperti menggunakan lampu LED untuk penerangan dan signage yang bisa mengurangi CO2 dan hemat energi. Beliau juga menyebutkan bahwa AEON MALL di seluruh dunia memiliki tradisi dalam rangka pembukaan mall, yaitu melakukan kegiatan Penanaman Pohon untuk membantu pelestarian lingkungan dengan mengikutsertakan masyarakat sekitar. AEON MALL BSD CITY juga akan mengadakan kegiatan penanaman pohon di area seluas 3,000 m² yang akan dilakukan tanggal 19 April 2015.
Tentang AEON MALL
AEON MALL, pengembang pusat perbelanjaan dari Jepang, bertujuan untuk membangun komunitas masyarakat lokal dengan menyediakan pusat perbelanjaan yang mampu meningkatkan kualitas hidup, menstimulasi kegiatan ekonomi lokal dan berkontribusi pada perkembangan budaya, tidak hanya sekedar menghadirkan berbagai tenant.
AEON MALL mengoperasikan lebih dari 200 mall. Di Jepang sendiri, dari seluruh mall yang ada, 2/3 diantaranya dioperasikan oleh AEON MALL. Di Indonesia, AEON MALL menjalankan bisnisnya melalui PT. AMSL INDONESIA. Hingga tahun 2020, AEON MALL berencana untuk membuka 20 mall terutama di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.
Perusahaan induk AEON MALL, AEON Co., didirikan pada September 1926 sebagai perusahaan ritel (General Merchandising Stores / GMS). Pada Februari 2012, AEON Group mengoperasikan ratusan General Merchandising Store, Discount Stores, Home Centers, dan lain sebagainya. AEON Group juga mengoperasikan ribuan toko-toko khusus, apotek, toko serba ada, dan bisnis pelayanan.
AEON Group yang memiliki target untuk menjadi Perusahaan ritel Super-Regional nomor satu di Asia ini, hingga kini telah beroperasi di 12 negara: Japan, Cina, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Filipina, India, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
Tentang Sinar Mas Land
Sinar Mas Land adalah pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.
Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigius seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), World FIABCI Prix Award di Taichung (2013), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012 & 2013), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2015).
Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept-Klastered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.
Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.
Leave a Reply