LinkedIn hadir untuk menjadi sarana penghubung Anda. Namun sebelum kita saling terhubung, seringkali kita mencari kesamaan di antara satu sama lain. Kesamaan ini lah yang menjadi awal dari sebuah profil yang kuat. Jadikan profil Anda sebagai cara mempromosikan brand Anda—sebuah perantara untuk mempromosikan keahlian, pengetahuan, dan kepribadian Anda. Layaknya sebuah brand, Anda dapat memanfaatkan profil LinkedIn untuk mendapatkan kepercayaan dari jaringan profesional Anda. Berikut ini sepuluh tips-tips yang dapat membantu Anda:
1. Ketika membuat resume, jangan asal ‘cut and paste’
LinkedIn menyambungkan Anda dengan jaringan, bukan hanya pada departemen sumber daya sebuah perusahaan. Anda tentu tidak akan begitu saja memberikan CV ketika berkenalan dengan seseorang, maka jangan lakukan itu di LinkedIn. Lebih baik cantumkan penjelasan mengenai pengalaman dan keahlian Anda, layaknya Anda bercerita pada seseorang yang baru Anda temui. Tulis di profil Anda secara singkat dengan petunjuk visual atau tekstual. Tambahkan foto sehingga orang dapat mengenali Anda.
2. Tiru cara marketer-marketer andal
Beri sentuhan khas untuk profil Anda. Gunakan kata sifat yang spesifik, kata kerja yang beragam dan berkonotasi aktif (“mengelola proyek tim”, misalnya, bukan “bertanggung jawab atas pengelolaan proyek tim”). Bertindaklah secara alami, jangan menggunakan penyebutan orang ketiga kecuali jika menggambarkan brand Anda. Bayangkan diri Anda ada dalam sebuah konferensi atau saat Anda meeting dengan klien. Cara Anda memperkenalkan diri adalah ciri khas milik Anda. Cantumkanlah itu di profil Anda.
3. Ciptakan tagline personal Anda.
Ketika membuka profil Anda, sebaris kata di bawah nama Anda adalah hal pertama yang orang lihat. Bahkan, kata-kata tersebut akan muncul saat orang melakukan pencarian terhadap nama Anda. Barisan kata tersebut lah yang akan langsung diperhatikan oleh orang yang melihat profil Anda, dan bukan email Anda yang menjadi brand pribadi Anda. Brand perusahaan Anda (atau jabatan Anda) mungkin sudah cukup. Atau, jika Anda masih ingin kepribadian profesional Anda lebih menarik, rangkailah sesuatu yang dapat mendeskripsikan Anda hanya dengan sekilas pandang.
4. Manfaatkan Personal Elevator Pitch
Jika Anda diberikan waktu untuk mendeskripsikan diri dalam waktu 30 detik, Anda tentu hanya menyebutkan hal-hal paling signifikan saja. Ini lah yang disebut personal elevator pitch. Gunakan ini di bagian ‘Summary’ profil LinkedIn Anda untuk dapat menangkap perhatian dengan mudah dalam waktu hanya 5-10 detik saja. Semakin bermakna summary Anda, semakin banyak perhatian yang akan Anda dapatkan dari para pengunjung.
5. Jangan ragu untuk menonjolkan keahlian Anda
Jadikan lahan Skills & Expertise di profil Anda menjadi search engine optimizer pribadi Anda untuk mempermudah orang menemukan dan mengingat Anda. Menambahkan keterampilan dan keahlian yang spesifik menjadikan Anda unik dan lain dari yang lain. Anda juga dapat mendapatkan endorsement dari koneksi Anda untuk menambah kredibilitas dari pihak ketiga.
6. Paparkan pengalaman Anda
Bantu pengunjung profil Anda untuk memahami apa yang perusahaan Anda lakukan dan bagaimana peran Anda di sana dengan singkat, jelas, dan padat. Kembali bayangkan bahwa Anda tengah berada di sebuah konferensi, dan gunakan kalimat yang padat dan mudah dicerna.
7. Tingkatkan Google PageRank Anda
Manfaatkan bagian Additional Information untuk menunjukkan apa saja yang menarik minat Anda. Tambahkan juga website yang memuat kemampuan atau ketertarikan Anda terhadap sesuatu. Kemudian ganti label “My Website” dengan kata yang menarik pengunjung untuk mengkliknya (Google page rankings Anda akan semakin bertambah semakin banyaknya jumlah klik, sehingga visibilitas Anda pun meningkat).
8. Bedakan diri Anda dengan kerumunan.
Dapatkan rekomendasi dari kolega, klien, dan karyawan yang dapat berbicara secara kredibel mengenai kemampuan dan prestasi Anda (utamakan kualitas, bukan kuantitas). Mintalah mereka untuk fokus pada keterampilan spesifik atau ciri kepribadian yang mendorong pendapat mereka tentang Anda. Buatlah komentar bermakna ketika Anda merekomendasikan orang lain. Munculkan berbagai rekomendasi dari kolega Anda, variasi tersebut akan membuat rekomendasi Anda terlihat asli.
9. Bangun koneksi Anda
Koneksi adalah salah satu aspek terpenting dari brand Anda, karena perusahaan yang terhubung dengan Anda menercerminkan kualitas daribrand Anda sendiri. Apa yang terjadi jika Anda mengamati sebuah profil, dan melihat bahwa Anda dan perusahaan tersebut memiliki koneksi yang sama? Profil tersebut akan memiliki nilai lebih di mata Anda. Nilai kesamaan tersebut bekerja dua arah. Oleh karena itu, kenali koneksi mana saja yang dapat menambah kredibilitas Anda dan pertahankan itu.
10. Aktif menggunakan LinkedIn
Profil LinkedIn Anda merupakan refleksi nyata dari kehidupan profesional Anda yang dapat Anda update dengan mudah, tidak seperti riwayat pekerjaan di atas kertas yang hanya bisa menunjukkan sedikit dari pengalaman Anda dalam satu waktu. Misalnya, pastikan jabatan atau perusahaan baru Anda terdaftar; dan daftar proyek utama yang telah Anda selesaikan atau kursus profesional yang mungkin Anda ambil. Tetap aktif dalam LinkedIn juga menggambarkan bahwa Anda menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitar Anda – baik itu karir, industri, atau koneksi Anda. Ekspresikan sudut pandang Anda terhadap suatu tren industri dengan memperbarui status, ataupun memberikan komentar terhadap news share koneksi Anda untuk membangun kredibilitas Anda. Segera hubungkan diri dengan kenalan profesional baru untuk menjaga hubungan profesional.
Leave a Reply