Pemasaran Sosial (Social Marketing) dan Pemasaran Media Sosial (Pemasaran Media Sosial), dua istilah ini terdengar hampir sama, tapi sesungguhnya berbeda.
Jika Anda pernah mendengar keduanya, pasti akan mudah untuk membedakan maknanya. Tetapi banyak yang masih sering tertukar dalam menggunakan kedua istilah ini. Ada pula yang terus tumbuh dengan kebingungan antara definisi, kesamaan dan perbedaan pemasaran sosial dan konsep baru pemasaran media sosial (social media marketing atau SMM).
Berikut adalah definisi untuk kedua hal tersebut :
Pemasaran sosial atau Social Marketing
“Pemasaran sosial adalah sebuah proses yang menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dan teknik untuk membangun, mengkomunikasikan, dan meciptakan nilai untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasar yang menguntungkan masyarakat (dalam berbagai aspek sosial seperti kesehatan masyarakat, keselamatan, lingkungan dan budaya) serta khalayak sasar itu sendiri.” – Phillip Kotler, Nancy Lee dan Michael Rothschild (2006)
Pemasaran media sosial atau Social Media Marketing (SMM)
“SMM menggabungkan tujuan marketing internet dengan situs media sosial Digg, Flickr, MySpace, YouTube dan banyak lainnya. Tujuan SMM akan berbeda untuk setiap bisnis atau organisasi, namun kebanyakan akan melibatkan beberapa bentuk viral marketing untuk membangun gagasan atau kesadaran merek, meningkatkan visibilitas, dan menjual produk atau jasa. SMM juga termasuk manajemen reputasi online.” -Wikipedia 2007
Apa bedanya?
Sosial marketing adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program yang dirancang untuk membawa perubahan sosial, menggunakan konsep pemasaran komersial. Dalam pemasaran sosial “produk” adalah ide perubahan sikap atau perilaku sosial, seperti mendorong anak-anak untuk berhenti merokok, dan melindungi lingkungan. Biasanya pemasaran sosial bersifat non-profit. Pemasaran sosial dipopulerkan di tahun 1970-an oleh Phillip Kotler dan Gerald Zaltman.
Bagaimana dengan Pemasaran Media Social atau Social Media Marketing (SMM)?
Pemasaran Media Sosial sangat terkait dengan internet, melalui berbagai jejaring sosial. SMM merupakan pendekatan pemasaran baru yang menggunakan media sosial seperti MySpace, Facebook, YouTube, Flickr, kelompok Yahoo, dll untuk menciptakan komunitas yang terkait dan menciptakan interaksi langsung dengan pelanggan dan pelanggan potensial. SMM juga dipopulerkan oleh para blogger dan pengguna aktif media sosial.
Apa saja persamaannya?
Pemasaran Sosial dan Pemasaran Media Sosial dapat bersinggungan, pada saat perubahan perilaku diupayakan terjadi melalui pendekatan pemasaran media sosial. Saat ini di Indonesia sudah sangat banyak upaya-upaya yang mendorong terciptanya perilaku baru melalui media sosial. Beberapa di antaranya di Indonesia adalah: blog dokter, Indonesia Berkebun, GreenerationID, akademi berbagi, yatim online. Klik Hati, sebagai kegiatan CSR Merck, diadakan untuk memberikan penghargaan terhadap kegiatan-kegiatan sosial yang dilaksanakan melalui media sosial.
Seiring dengan makin berkembangnya teknologi, memang kecenderungan masyarakat Indonesia untuk terus terkoneksi, dan menciptakan hal-hal yang baru, positif dan membangun, telah memberi warna tersendiri pada media sosial Indonesia.
Dalam hal inilah, kita semua dapat melakukan pemasaran sosial dengan pendekatan pemasaran media sosial.
sumber : http://popsurvey.blogspot.com
Leave a Reply