Meskipun perusahaan anda adalah perusahaan besar atau perusahaan kecil, popular atau tidak nya, anda tetap saja harus melakukan hal yang sama ketika meluncurkan produk baru yaitu : mendapatkan public’s attention sehingga mereka akan interest dengan produk anda sehingga akhirnya mau membeli.
Jika anda gagal dalam melakukan ini, tidak hanya public yang tidak peduli dengan produk anda, tetapi anda juga akan kehilangan uang dalam jumlah banyak saat memproduksi barang yang dimana barang tersebut tidak akan ada yang membeli.Terkadang satu dari hal terpenting lainnya yang harus dilakukan adalah beriklan secara besar – besaran. Beberapa perusahaan mengklaim bahwa produknya laku di pasaran karena mereka beriklan di hampir semua koran yang popular dan di media elektronik yang juga sudah eksis.
Jika customer sering melihat produk anda dan sering mendengarkan bahwa produk anda bagus, maka kemungkinan besar mereka akan percaya dan makin besar keinginan mereka untuk memiliki produk anda.
Hal yang paling dibutuhkan ketika anda memutuskan untuk beriklan sebagai awal dari kompetisi bisnis anda adalah lihatlah produk sejenis di sekitar anda dan bandingkan dengan produk anda. Definisikan siapakah yang akan menjadi target anda. Definisikan sosial class apa yang ingin anda tuju dan sebagainya. Beberapa hal ini bisa menjadi acuan tentang kemana dan bagaimana anda harus beriklan.
Sebelum beriklan ada baiknya anda melakukan research tentang produk sejenis yang ada di sekitar anda. Tidak peduli sebagus apapun produk anda, jika ada produk lain sejenis dan lebih baik daripada produk anda, maka tetap saja anda tidak bisa menjual sebanyak mungkin.Anda juga harus menunjukkan kelebihan dari produk anda dibandingkan produk lain. Ada perusahaan lain yang menjual produk yang sama dan sama bagusnya, tetapi jika produk anda juga sama bagusnya dan memiliki USP (unique selling point), maka produk anda akan lebih banyak menyedot perhatian orang.
Hal lain yang mesti diingat sebelum memulai penjualan adalah berikan kesempatan bagi sekelompok orang atau komunitas untuk mencobanya. Pemilihan komunitas atau orang orang yang akan mencoba bisa mempengaruhi publisitas dari produk anda. Jika anda memilih komunitas atau orang orang yang memiliki ketertarikan pada produk anda, apalagi mereka adalah orang orang terpercaya, mereka mencoba dan menyukainya, mereka akan memberikan testimonial yang bagus tentang produk anda sehingga bisa membantu penjualan produk anda. Hal ini juga bisa membantu anda berevaluasi. Hasil evaluasi ini bisa memberikan ide baru bagi anda tentang kelebihan atau kekurangan dari produk anda sehingga kekurangan dari produk anda bisa diatasi sebelum produk anda masuk ke pasar.Akhirnya, biarkan mengalir semestinya. Pada saat peluncuran produk, ada baiknya anda mengadakan “launch party” dan mengundang beberapa orang untuk datang dan mencoba produk anda. Anda juga bisa mengundang media untuk datang dan meliput event anda sehingga kesempatan public untuk mengetahui tentang produk anda semakin besar.
Cobalah menggunakan teknik WOM (Word of Mouth), mulailah dengan memberitahu beberapa orang bahwa produk anda sangat bagus, dan kemudian mereka akan member tahu teman teman mereka dan terjadi seterusnya. Berita tentag produk anda akan terus menyebar sehingga produk anda akan well-known di pasar.
sumber : http://www.publicrelationsideas.com
Leave a Reply