Oleh Oscar Prajnaphalla
Media sosial sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat masa kini. Kegiatan promosi event selain dilakukan lewat kanal media massa, ada baiknya juga memaksimalkan penggunaan media sosial baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya. Tantangan para praktisi PR ialah berbagai kanal media sosial yang ada, sehingga seringkali banyak hal yang terlewat dalam pelaksanaan.
Beberapa tahap yang penting dalam mempromosikan event melalui media sosial:
1. Rencanakan pemasaran event anda
Tentukan keunikan event anda, target, mengapa mereka harus hadir, strategi untuk membangun setiap tahapan AISAS (Awareness, Interest, Share, Action, Share) dan bagaimana promosi event ini dapat diukur.
2. Bangun tim promosi sosial
Temukan fans anda secara online dan offline dan libatkan mereka dapat setiap tahap pelaksanaan event anda sejak awal. Bangun komitmen mereka untuk turut mempromosikan event.
3. Bangun property online anda
Property online mencakup gambar dan video yang menarik untuk disebarkan kembali (viral), dan jangan lupa lengkapi dengan fasilitas “share.”
4. Promosi dan update secara berkala
Lakukan dengan intensif secara menarik dan “engaging”, hindari update yang sama dan membosankan. Lakukan hal-hal yang kreatif dan unik, libatkan sebanyak-banyaknya orang secara interaktif seperti kontes, kuis, sneak peek, bloggers buzz, countdown. Lanjutkan selama event berlangsung dan setelah event selesai.
Lakukan update selama event berjalan, melalui live tweeting, misalnya. Publisitas online juga dapat dilakukan secara berkala dan berkelanjutan selama event berjalan. Setelahnya, berikan update mengenai jumlah yang hadir, dan berbagai keberhasilan yang didapat dari event tersebut.
Kami susun checklist yang dapat digunakan untuk promosi baik event kecil maupun event besar dengan menggunakan media sosial. Untuk download checklist, silahkan klik di sini.
Leave a Reply