06Jan, 2015

Perkembangan Dunia Komunikasi Kesehatan di Indonesia

By : Eva Ulisiana

pills-social-media

Perkembangan dunia teknologi mempengaruhi semua bidang kehidupan manusia. Salah satunya berpengaruh pada dunia kesehatan. Dimana penggunaan media sosial, aplikasi smartphone mengenai kesehatan yang sudah banyak bermunculan dan lain sebagainya. Pada tahun 2014, terdapat berbagai tren komunikasi kesehatan yang ada, yaitu sebagai berikut :
• Peranan strategi media sosial
Seperti yang kita ketahui, pengguna media sosial di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia. Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial di dunia kesehatan merupakan alat terbaik dalam hal promosi dan edukasi. Penggunaan media sosial pun dapat menjaga hubungan antara professional kesehatan dengan konsumen/pasien.
• Kebutuhan akan perkembangan komunikasi yang terintegrasi
Sama seperti hal nya industri dalam bidang yang lain, industri kesehatan pun membutuhkan strategi komunikasi yang berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini yang dimaksud adalah strategi humas, digital dan periklanan. Akan tetapi, pada industri kesehatan khususnya farmasi, memiliki tantangan tersendiri dimana produk obat yang bersifat ethical, tidak bisa dipromosikan layaknya seperti obat yang dijual tanpa resep. Hal ini lah yang membuat seorang marketer harus kreatif dalam memasarkan obat tersebut ke pasaran.
• Pertumbuhan cepat dalam mobile marketing
Teknologi mobile yang saat ini berkembang dengan cepat, dimanfaatkan pula oleh para professional kesehatan dalam memberikan informasi kepada pasien. Sebagai contohnya, terdapat satu rumah sakit di Indonesia yaitu Siloam Hospitals yang membuat aplikasi di smartphone dimana berisikan tips-tips kesehatan dan juga tanya jawab langsung antara dokter dan pasien. Hal ini memudahkan bagi para pasien untuk mendapatkan akses informasi secara cepat dan dimana saja.
• Berfokus pada mengukur kesuksesan
Dalam hal ini, segala strategi komunikasi yang sudah dilakukan, maka diperlukan parameter-parameter yang dibuat dalam mengukur kesuksesan. Parameter ini menjadi tolok ukur utama sehingga segala strategi komunikasi yang sudah dilaksanakan sesuai dengan parameter yang sudah ada. Hal ini mempunyai fungsi untuk monitoring.

 

sumber gambar:http://www.cccvitalsigns.com/wp-content/themes/vitalsigns/images/postimages/2014/07/pills-social-media.jpg

Leave a Reply

%d bloggers like this: