Ketergantungan atas teknologi memicu rasa enggan untuk melakukan aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari. Riset menunjukkan, selama kurang dari dua generasi, terjadi penurunan aktivitas fisik sebesar 20%di Inggris dan 32% di Amerika Serikat. Angka lebih mengerikan muncul di Tiongkok. Penurunan sudah menyentuh 45 persen, dengan kurun waktu kurang dari satu generasi. Angka-angka tersebut diprediksi akan terus meningkat drastis di tahun 2030.
Kurangnya aktivitas fisik oleh penduduk dunia ini membangkitkan keprihatinan berbagai pihak. Salah satunya adalah Kaiser Permanente, sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kesehatan. Kaiser Permanente meluncurkan kampanye “Every Body Walk!”, tujuannya mengajak warga Amerika untuk bergerak dengan meningkatkan pengetahuan publik tentang manfaat berjalan dan edukasi tren gaya hidup aktif melalui pesan yang sederhana, yaitu berjalan 30 menit sehari dan lima hari dalam seminggu karena hal ini dapat memperbaiki kondisi kesehatan secara menyeluruh.
Lalu, bagaimana strateginya? Kaiser Permanente menjalankan kampanye tersebut dengan menjalin kemitraan sekaligus menyebarluaskan pesan melalui kegiatan terintegrasi yang menjangkau banyak orang, melalui Every Body Walk! Week di Washington DC di mana 3.000 orang berjalan diiringi parade Mobil hias dari bunga mawar, didukung penampilan flashmob.
Kegiatan ini menjangkau banyak orang melalui kampanye media digital yang inspiratif dan interaktif dengan aplikasi mobile, peta berjalan, tips-tips berjalan, artikel dan video sketsa yang memotivasi. Tayangan Iklan layanan masyarakat yang menampilkan para pemain film The West Wing termasuk actor Martin Sheen juga menjadi key success factor.
Kampanye terintegrasi ini terbukti efektif. Pada bulan pertama penayangan iklan tersebut, viewers-nya langsung mencapai angka 500.000. Kanal-kanal sosial mereka pun dibanjiri pengikut; Facebook Fan Page sukses mendulang 6.300 fans dan followers Twitter mereka menembus 30.000. Tak heran bila kampanye ini kemudian diganjar penghargaan internasional bergengsi di tahun 2012.
Di Indonesia, gerakan untuk mengajak orang bergerak lebih banyak juga mulai digaungkan. Pada tahun 2011, kami melaksanakan kampanye Neurobion Activehood Playground bertemakan “Aktifkan dan Ajak Main Badanmu!”, hasil kolaborasi PT Merck Tbk dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Agar kampanye bergerak itu makin memikat, kampanye kami kemas melalui permainan-permainan tradisional yang dilakukan secara massal. Ada galasin, bentengan, egrang, bola gebok, gatrik, engklek, serta tak jongkok.
Konsep tersebut kami pilih agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang melestarikan permainan tradisional tanah air. Manfaat permainan tradisional ini amat banyak, antara lain mengoptimalkan fungsi syaraf dan otot kaki, melatih keseimbangan tubuh, mengurangi kram dan kesemutan, serta melemaskan otot-otot yang kaku. Konsep unik ini rupanya sukses mencuri perhatian masyarakat, terbukti dengan hadirnya lebih dari 10 ribu peserta! Bahkan, acara ini dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemain Galasin terbanyak, diikuti oleh lebih dari seribu peserta.
Nah, marilah kita bangun brand kita dan membangun masyarakat Indonesia secara fisik dan mental pada saat yang sama. Formulanya perlu dibuat cerdas agar brand dapat membangun reputasi, dan kedekatan emosi dengan konsumennya, selain memberikan nilai tambah yang berharga. Apabila Anda butuh bantuan kami merancang formula tersebut, silakan hubungi kami di nbd@fortunepr.com. Salam sukses!
pictures sources: http://www.collenpillar.co.za; www.ci.berkeley.ca.u
Leave a Reply